Indonesia Vs Malaysia We Are One Forever
Info penerimaan mahasiswa baru IDIA Prenduan tahun akademik 2010-2011 silahkan klik di sini
Ya Allah Jangan Kau Coba Aku Melebihi Batas Mampu Dan Sanggupku

DAMPAK GLOBALISASI TERHADAP AGAMA

Selasa, 05 Oktober 2010

Kirim ini ke Facebook Anda..

www.tips-fb.com

Oleh : Dumyati*
Akhir-akhir ini kita kenal dengan istilah IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi), SAINTEK (sains dan teknolgi) dan yang sangat bombastik yang kita rasakan sekarang ini adalah globalisasi dan dampaknya Istilah SAINTEK menunjukkan kemajuan bidang ilmu pengetahuan Dan teknlogi modern, sehingga dengan menguasai IPTEK Dan SAINTEK dapat memberi kekuatan untuk menciptakan hal-hal yang baru Dan yang lebih modern salah satunya adalah satelit komunikasi yang dengannya tidak ada lagi batas Dan jarak untuk berkomunikasi, bahkan saat ini kita bisa berkmunikasi layaknya kita bertemu langsung dengan orang yang kita ajak berbicara dari Negara kenegara lain. Hal inilah yng disebut globalisasi.

Globalisasi berasal dari kata Globe yang berarti bola bumi karena ekselariasi penyebaran inforrmasi yang luar biasa cepat bahkan kita tidak membutuhkan waktu yang lama Dan uang yang banyak untuk menjelajahi dunia, kita hanya cukup klik Google Earth, disana kita akan mendapatkan infrmasi yang lengkap tentang bumi Dan isinya.
Bersamaan dengan derasnya arus globalisasi yang tidak bisa dikendalikan, sehingga kemajuan-kemajuan tersebut mengubah Dan mengarahkan kebudayaan kita Dan bahkan melebihi angan-angan kita, kemajuan teknologi telah menguasai seluruh dunia sehingga sangat mudah untuk mendapatkan informasi bahkan tidak sedikit budaya-budaya Barat mempengaruhi budaya Timur.
Ini semua karena tidak ada lagi pembatas, coba kita lihat gaya hidup umat Islam pra-globalisasi, dulu banyak umat Islam yang bergaya ala Islami dengan memakai jilbab. Dan busana muslimah. Akan tetapi dizaman yang katanya penuh dengan ilmu pengetahuan dan teknlogi, sangat jarang sekali kita jumpai wanita mengenakan pakaian muslimah. Semua ini karena pengaruh derasnya dunia luar.
Cuciam W. Ye, mengatakan bahwa modernitas adalah budaya dunia, karena semua Negara ini membutuhkan perkebangan Dan perubahan untuk mencapai tujuan-tujuan dengan mudah Dan fleksibel. Terciptanya budaya modern didasarkan pada teknolgi yang maju Dan semangat dunia ilmiah Dan pandangan hidup yang rasional dikalangan manusia.
Alex Lukes memberikan ciri-ciri manusia modern yaitu :
 Kesiapan untuk menerima pengalaman-pengalaman baru dan terbuka terhadap pembaharuan.
 Orientasi dibidang opini bercorak demokratis
 Lebih berorientasi pada masa kini Dan masa depan dari pada masa lampau.
 Berkeyakinan pada ilmu Dan teknologi
 Menjunjung hakekat diri.
Dalam kaitannya dengan Islam Dan pemikiran Islam, peradaban modern menjadi tantangan Dan sekaligus ancaman bagi umat Islam. Umat Islam merasa terikat dengan ajaran universal dari agama yang dianutnya, dalam kenyataannya peradaban modern lebih kuat mendesakkan nilai-nilai baru bagi perubahan sikap Dan prilaku umat. Dengan sepintas bisa dikatakan bahwa tradisionalisme Islam tampaknya tidak kontable lagi dengan kecenderungan modernisasi secara doktrinal. Sehingga banyak umat Islam yang menghilang dibawa arus modernisasi Dan memunculkan budaya-budaya baru yang bermotif Dan berkiblat pada Barat dan jauh dari nilai-nilai keislaman. Sebenarnya dapat dilacak relevansi umat Islam dengan nilai-nilai esensial kemodernan dalam dirinya sendiri bahwa Islam memandang nilai-nilai kemodernan dalam pengertian selalu memberikan angin baru.
Dalam horizon, nilai-nilai kemanusiaan secara lebih luas lagi menunjukkan bahwa modernitas seharusnya dipandang tidak terlalu asing bagi kita umat Islam, meskipun terdengar sangat apologetik argumen yang sering dikemukakan banyak kalangan. Zaman modern yang kita kita nikmati sekarang pun sebetuknya sebagian besar kontinuitas dari peradaban islm masa lalu.
Pada zaman sekarang dalam segi pkaian Dan akhlak hamir sama dengan zaman sebelum peradaban islam, dahulu anak perempuan dikubur hidup-hidup oleh orang tuanya, manusia bertingkah laku layaknya hewan Dan jika kita bandingkan dengan zaman sekarang malah lebih sadis lagi bahkan bayi yang belum lahir pun sudah dibunuh dalmkndungan Dan akhlak pun hamper sama dengan akhlak manusia zaman pra islam dulu. Ini berarti bahwa zaman modern saatini merupakan kontinuitas dari ada peradaban zaman dahulu.
Hodason adalah seorang ahli sejarah dunia mengatakan daam karyanya “ the venture of islam”, “ seandainya sejarah dunia itu diibaratkan roda,maka sumbunya adalah sejarah islam”. Kehaadiran islam dimuka bumi ini sungguh sangat sukses Dan memiliki implikasi yang sangat signifikan bagi peningkatan dan perubahan zaman.
*Mahasiswa Semester II
Asal Palembang Sum-Sel
Daftar Pustaka :
• KH. Abdurrahman Wahid, Pesantren Masa Depan. Pustaka Hidayah. Bandung 1999
• Dr. Abdul Rahman Haji Abdullah. Pemikiran Islam di Malaisia, Gema Insan Press, Jakarta. 1997
• Nurcholish Madjid, Islam Kemoderenan dan Keindonesiaan, Mizan (Pt. Mizan Pustaka), Bandung, 2008
• Dr. Danil Zainal Abidin, 7 Formula Individu Cemerlang, Hikmah (Pt. Mizan Publika), Jakarta, 2007


Artikel Terkait



0 komentar:


Profil lengkap


HELO SOBAT BLOGGER MAMPIR SINI YACH..Hp:087850265023 KEPADA SEGENAP PENGUNJUNG SAYA UCAPKAN TERIMA KASIH SUDAH MENGISI ABSEN HADIR DISNI, DAN MOHON MAAF JIKA SAYA TERLAMBAT MEMBALAS KUNJUNGAN ANDA....
Sekalian follow yach!! i will follow u back ok??