Indonesia Vs Malaysia We Are One Forever
Info penerimaan mahasiswa baru IDIA Prenduan tahun akademik 2010-2011 silahkan klik di sini
Ya Allah Jangan Kau Coba Aku Melebihi Batas Mampu Dan Sanggupku

Manfaat Bertunangan Sebelum Menikah

Senin, 18 Juli 2011

Kirim ini ke Facebook Anda..

www.tips-fb.com

Banyak pasangan yang tidak melihat pentingnya bertunangan sebelum menikah, sehingga tidak banyak juga yang melakukannya. Padahal, ada beberapa budaya yang memang menganjurkan adanya proses pertunangan terlebih dulu, sebagai tahap awal sebelum menuju ke gerbang perkawinan.

Namun, seiring dengan perkembangan masa, banyak orang yang kurang memahami manfaat yang dapat diperoleh melalui masa pertunangan dan menganggap hal ini hanyalah bagian dari formalitas belaka. Nah, jika Anda memang sekarang sudah memasuki hubungan yang lebih serius daripada berpacaran dan ingin lanjut ke pernikahan, coba pertimbangkan masalah pertunangan dengan membaca beberapa manfaatnya berikut ini:


1. Pertunangan menjadi pijakan solid sebelum pernikahan
Begitu Anda menyatakan akan menjadi pasangan si dia selamanya, dalam masa ini Anda berdua akan belajar untuk saling mendengarkan satu sama lain, mendiskusikan berbagai perbedaan pandangan, dan yang terpenting adalah merayakan perjalanan cinta dan komitmen Anda.

2. Lewat pertunangan, Anda belajar merencanakan
Tidak perlu sampai ke rencana masa depan keluarga dulu. Saat bertunangan, Anda pasti akan sibuk membuat rencana untuk hari pernikahan, bukan? Dari situ Anda akan belajar bagaimana merencanakan suatu hal yang penting, sehingga sebisanya harus mengakomodasikan kebutuhan dan keinginan kedua belah pihak. Jika di fase ini sudah lulus, tentunya akan lebih mudah bagi Anda untuk membuat rencana-rencana lainnya, seperti waktu untuk memiliki anak misalnya.

3. Membiasakan diri pada kenyataan Anda tak lagi hidup sendiri
Kalau dulu sewaktu masih berpacaran Anda tidak perlu setiap kali pamit ketika akan pergi, kini Anda belajar sedikit tentang berbagi hidup dengan orang lain. Sejauh mana Anda dapat merasa nyaman ketika hidup ini tidak lagi dijalani sendiri dan apakah Anda dapat selalu jujur mengatakan apa yang Anda lakukan. Selain itu, Anda juga akan belajar untuk memberi kepercayaan pada pasangan untuk mengambil tindakan yang berdampak besar terhadap Anda berdua.

4. Belajar menghadapi peran yang baru
Jika dulu hidup Anda diisi dengan peran sebagai anak, pekerja di kantor, dan kekasih, kini ada peran baru yang perlu Anda pelajari: yaitu menjadi (calon) istri. Untuk itu, Anda bisa jadi akan mulai belajar mengurus rumah sendiri -dengan asumsi nantinya Anda tidak lagi tinggal di rumah orangtua. Selain itu, bagaimana mengurus suami dengan menyiapkan makanan serta segala keperluannya. Belajar memasak ataupun pekerjaan rumah tangga akan menyenangkan untuk dilakukan pada masa ini.

Editor : Soegeng Haryadi
Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait



11 komentar:

Bersama Dakwah Islam mengatakan...

terimakasih ilmunya ya akhi, banyak ilmu yang saya dapatkan disini, salam ukhuwah wahai saudaraku.

hp applications mengatakan...

Mkasi atas sarannya..tapi kalau kelama an bertunangan 1000 cobaan berdatangan.

bed cover murah mengatakan...

thanks gan gan nice and helpful article, regards and greetings successful blogger
bed cover , sprei

crypton97.us mengatakan...

Sayang sekali.. saya blum punya gebetan jadi masih sendirian aja :)

Jasa pembuatan blog murah mengatakan...

Ane pikir mending langsung lamar dan nikahin hhiihih

Mas Zaid mengatakan...

Saya masih single je, terimakasih infonya aja untuk masukan ^_^

Souvenir Pernikahan mengatakan...

saya pikir tunangan itu adalah hal terbaik dalam hidup sebelum menikah :D

stroke mengatakan...

kalo langsung nikah gimana?

obat impotensi herbal mengatakan...

benar juga.. namun kalo bisa jangan terlalu lama, kalo memang sudah mantap, segeralah menikah :)

Linda mengatakan...

Ternyata banyak manfaat dari bertunangan. :)

Obat Jantung Bocor mengatakan...

Iya bener banget yah, sangat banyak sekali manfaatnya. Selain itu juga kita jadi lebih tahu dengan karakter luar dalam pasangan.


Profil lengkap


HELO SOBAT BLOGGER MAMPIR SINI YACH..Hp:087850265023 KEPADA SEGENAP PENGUNJUNG SAYA UCAPKAN TERIMA KASIH SUDAH MENGISI ABSEN HADIR DISNI, DAN MOHON MAAF JIKA SAYA TERLAMBAT MEMBALAS KUNJUNGAN ANDA....
Sekalian follow yach!! i will follow u back ok??