Indonesia Vs Malaysia We Are One Forever
Info penerimaan mahasiswa baru IDIA Prenduan tahun akademik 2010-2011 silahkan klik di sini
Ya Allah Jangan Kau Coba Aku Melebihi Batas Mampu Dan Sanggupku

FILSAFAT WAKTU: SEBUAH RENUNGAN AKAN PENTINGNYA WAKTU

Selasa, 05 Oktober 2010

Kirim ini ke Facebook Anda..

www.tips-fb.com

Oleh: Nur Maidah*
Filsafat tentang waktu adalah memahami apa hakekat dan makna dari waktu itu sendiri Dan Bagaimana pemamfaatan waktu yang baik. Dan apakah kita memamfaatkan waktu tersebut dengan efisien? Maka filsafat tentang waktu disini menekankan kita untuk memamfaatkan waktu dengan kosong dengan amal sholeh dan bermamfaat sebaik-baiknya. Lantas, kenapa Allah bersumpah dengan waktu? Dan apa hubungannya dengan manusia? Kenapa Allah memakai dua taukid dalam firman-Nya yang berbunyi:
“Demi masa sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran. “ (al-Ashr 1-3 )

Kata yang dipakai dalam ayat ini adalah ‘’Al-Ashr “ yang memiliki kesamaan dengan kata ‘’Al- Ashir“ yang berarti “perasaan sari buah” seolah-olah disini Allah memerintahkan kepada kita untuk memeras segala potensi yang kita miliki untuk kebaikan. Ataukah untuk kita lupakan dan jarang mensyukurinya. Bahkan kita menyadari bahwa kedua nikmat tersebut sangat penting sekali dalam kehidupan. Kedua nikmat tersebut adalah nikmat sehat dan sempat (waktu kosong). Padahal Rosulullah SAW bersabda seperti berikut: “Janganlah kamu meremehkan waktu sesungguhnya waktu adalah Allah.”
Waktu yang kita miliki adalah sama, tidak ada perbedaan sedikit pun dalam hal waktu. Setiap individu mempunyai waktu 24 jam dalam sehari semalam. Hanya penggunaannya dan pemanfaatan setiap orang kepada waktu itulah yang menentukan sekses tidaknya seseorang. Saking penting dan berharganya sang waktu, sampai-sampai orang Barat mengatakan: “ The time is money .“ Tetapi dalam islam istilah tersebut tidak dibenarkan dan istilah yang digunakan adalah: “ The time is struggle” waktu adalah perjungan. Seperti yang diriwayatkan Ibnu Hasan: “ Sesungguhnya hidup adalah akidah (keyakinan) dan perjuangan.”
Jadi jelaslah disini bahwa waktu adalah perjuangan. Untuk itulah merupakan keyakinan disertai perjuangan, yang sangat erat kaitannya dalam pemamfaatan waktu.
Metode Mengatur Waktu
> Tentukan tujuannya, untuk apa, demi siapa, dan idealismenya.
> Susun recana dengan jelas.
> Tumbuhkan motivasi, kemauan dan keyakinan serta keistiqomahan.
Jika kita bisa memanaj waktu secara efisien, maka kita akan memperoleh kebaikan. Hal yang bermamfaat dan kebahagiaan. Sedangkan jika sebaliknya, maka kesia-siaan, kemudhorotan dan penderitaanlah yang akan kita tanggung. Maka dari itu, hati-hati dan pandai-pandailah mengatur waktu agar kita tidak termasuk orang yang merugi.
*Mahasiswi Semester II
Asal Madura

“Barang siapa yang meremehkan waktu, maka dia telah meremehkan Allah”
( Muhammad SAW)



Artikel Terkait



0 komentar:


Profil lengkap


HELO SOBAT BLOGGER MAMPIR SINI YACH..Hp:087850265023 KEPADA SEGENAP PENGUNJUNG SAYA UCAPKAN TERIMA KASIH SUDAH MENGISI ABSEN HADIR DISNI, DAN MOHON MAAF JIKA SAYA TERLAMBAT MEMBALAS KUNJUNGAN ANDA....
Sekalian follow yach!! i will follow u back ok??